VOICE TYPING


Mengawali lomba menulis blog yang diadakan oleh PGRI dan yayasan Thamrin Dahlan merupakan sebuah tantangan tersendiri. Tantangannya antara lain adalah kemampuan untuk menggunakan jemari ini sambil berpikir ide apa yang akan ditulis bagi saya agak sulit.

Ternyata saya tidak memiliki kemampuan untuk mengetikkan kata-kata di dalam laptop dengan  mudah. Selalu saja jari ini terasa kaku ketika ingin mengetikkan ide-ide tulisan. Bahkan hanya untuk sekedar menulis 300 kata sebagai syarat minimal lomba, menurut saya terlalu sulit.

Tetapi keinginan untuk mengikuti lomba tersebut sangat kuat. awalnya saya memaksakan untuk menulis di atas laptop tapi maksimal hanya beberapa kata yang dapat tertulis. Hasilnya dua tulisan pertama saya hanya lebih sedikit dari 300 kata.

Pernah menyaksikan sebuah film yang yang mengisahkan seorang penulis, tetapi dia sulit untuk mengetik ide tulisannya. Kalaupun sudah selesai menulis tidak bisa diterbitkan karena susunan bahasanya tidak enak untuk dinikmati.

Di satu sisi dia pandai bercerita kepada anak-anaknya, mantan istrinya memberikan ide untuk merekam setiap ceritanya yang dia sampaikan kepada anak. hasil rekamannya diketik oleh mantan istrinya.Tanpa disangka oleh sang pencerita buku itu akhirnya diterbitkan dan meraih penjualan terbaik.

Dengan melihat diri sendiri yang memiliki kemampuan menyampaikan sesuatu kepada orang atau bercerita. Saya berpikir, Insyaallah saya bisa melakukan apa yang dilakukan  tokoh di dalam film tersebut.

Pada kesempatan sebelumnya saya pernah mencoba membuat tutorial bagaimana mengetik dengan menggunakan suara, yang saya sudah upload di channel  youtube saya (https://www.youtube.com/watch?v=7HOqgTJ21zA&feature=youtu.be). Pada menu google document kita bisa mengetik dengan hanya mengucapkan kata. Google document bisa dipindahkan ke Microsoft word sehingga memudahkan kita untuk mengetik dengan suara.

Namun ada kelemahan pada google document yang pertama google document setelah saya menggunakannya banyak sekali kata yang tidak tepat. Maksudnya kata yang muncul banyak yang tidak sesuai dengan apa yang kita katakan, yang kedua agak kurang responsif atau tanggap terhadap apa yang kita ucapkan munkin pengaruh jaringan. Kelemahan yang ketiga Google document belum saya temukan pada aplikasi di telepon genggam.

Tentu akan terbatas ruang gerak kita jika kemana-mana membawa laptop. Saya mencoba bagaimana mencari solusi yang lain untuk tetap bisa menulis dengan suara. Tapi menggunakan telpon genggam.

saya coba membuka WPS sebuah aplikasi yang biasanya sudah tertanam di dalam HP. Membuka aplikasi tersebut kita akan bisa membuat dokumen baik berupa Excel ataupun word bahkan juga bisa membuat PowerPoint.

Saya coba menggunakan word,  saat mencoba untuk mengetik dengan suara akhirnya saya dapatkan pada papan ketik atau keyboard di HP terdapat simbol microphone. pada simbol mikrofon ini kita bisa menekannya dan berfungsi untuk mengetik dengan suara.

Alhamdulillah word pada WPS akhirnya dapat saya gunakan secara sederhana, hanya dengan menggunakan suara saya bisa mengetik sehingga tidak perlu lagi menggunakan jari jemari saya untuk bekerja keras.

Kemanapun mengetik saya meningkat dan dengan mudah dan santai menggunakan WPS. Tidak memerlukan waktu yang terlalu khusuS dan tempat yang terlalu besar untuk melakukannya. Namun perlu diketahui kalau di tempat ramai pun kita akan menjadi malu sendiri karena seolah-olah kita hanya berbicara dengan HP padahal kita sedang mengetik sesuatu.

Setelah melakukan pengetikan melalui WPS, saya akan menyimpan file tersebut. File yang tersimpan akan saya bagikan melalui email atau whatsapp. Tinggal didownload dari email atau whatsApp maka dia akan berubah menjadi Microsoft word.

Jika tidak menginginkan berbagi melalui email dan WhatsApp. Kita bisa mendownload WPS di dalam laptop atau PC (Personel Computer) kita. Syarat penggunaan di PC  dengan menggunakan email yang sama dengan yang di telepon genggam. Langsung saja buka WPS hasil download maka akan terbuka semua file yang ada di telon gengam. Tinggal menggunakan copy paste secara manual dari WPS ke Microsoft word.

Seperti tulisan ini saya kerjakan sambil tiduran, mendengarkan musik mendengarkan murottal dan bisa melakukan aktivitas yang ringan sambil menulis. karena HP mudah dipegang dan dibawa ke mana saja.

Catatannya dalam menulis dengan metode ini adalah tetap menggunakan PC atau laptop untuk mengedit. Mengedit menggunakan Laptop atau PC lebih enak karena layarnya besar.

Berdamailah dengan teknologi karena teknologi itu akan memudahkan hidup kita.

By. Nurhadi

NO. ANGGOTA PGRI : 09050700831



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANTRA TERPENDEK

BidMinted, REBAHIN CUAN DATANG. NAMBANG LEGIT. WITHDRAW MUDAH

TERIMA KASIH